Tidaklah Aneh Jika Anda Kehilangan Orgasme

Sejak saya pertama kali mendengar kata orgasme , saya memiliki hubungan yang sulit dengan semuanya. Untuk satu hal, itu adalah kata yang tidak dapat diterima dan kotor di keluarga saya, karena tindakan atau keinginan seksual apa pun dianggap berdosa. Begitu saya menjadi cukup sadar bahkan mencoba untuk mengalami orgasme, saya dengan cepat mengembangkan kebiasaan untuk menghentikan diri sendiri sebelum saya bisa mencapai klimaks. Saya merasa terlalu bersalah untuk datang.

Pada saat saya sudah cukup tua dan cukup bijaksana untuk membuang rasa bersalah, saya akhirnya mencapai orgasme. Saya berusia 32 tahun. Namun saya sangat kecewa, saya masih kesulitan mencapai klimaks dan mengalami periode waktu yang lama dimana orgasme saya hilang begitu saja. Selama bertahun-tahun, saya pikir saya benar-benar aneh . Seperti, siapa yang memiliki begitu banyak kesulitan untuk turun? Ternyata, banyak orang.

Menurut Healthline , sebanyak 41% wanita dipengaruhi oleh disfungsi orgasme, alias anorgasmia. Laki-laki juga dapat memiliki kondisi tersebut, meskipun tampaknya hal itu terjadi paling banyak di kalangan wanita.

Kita tidak bisa mengelola apa yang tidak kita bicarakan

Rasanya konyol sekarang karena saya pernah hidup dengan rasa malu "kehilangan" orgasme saya, tetapi itu karena, untuk waktu yang lama, saya bahkan tidak tahu apa yang sedang saya hadapi.

Seperti banyak anak muda yang mendalami budaya kemurnian evangelikalisme, saya tidak memiliki pengetahuan atau bahasa untuk berbicara tentang kesehatan seksual saya. Sampai saya mulai meninggalkan agama Kristen di awal usia 30-an, setiap percakapan saya tentang seksualitas dipenuhi dengan ketakutan dan rasa bersalah karena dosa.

Sejak usia dini, saya diajari bahwa seks pranikah salah, dan bahwa masturbasi adalah prekursor kejahatan percabulan. Bahkan ketika orang tidak berbicara tentang seks dalam pernikahan Kristen, tidak ada yang berbicara tentang orgasme wanita.

Bagaimana kita berbicara tentang masalah seks dan orgasme

Salah satu kisah paling eksplisit tentang seks yang pernah saya baca sebagai seorang Kristen muda adalah di Wild At Heart oleh John Eldredge :

Ada sesuatu yang mistis dalam cara seorang pria dengan seorang wanita. Seksualitas kita menawarkan perumpamaan tentang kedalaman yang luar biasa dalam hal menjadi maskulin dan feminin. Pria itu datang untuk menawarkan kekuatannya dan wanita itu mengundang pria itu ke dalam dirinya sendiri, suatu tindakan yang membutuhkan keberanian dan kerentanan serta ketidakegoisan bagi mereka berdua. Pertama-tama perhatikan bahwa jika pria itu tidak akan hadir, tidak ada yang terjadi. Dia harus bergerak; kekuatannya harus membengkak sebelum dia bisa masuk. Tetapi cinta juga tidak akan sempurna kecuali wanita itu membuka diri dalam kerentanan yang menakjubkan. Ketika keduanya hidup sebagaimana mereka seharusnya hidup, pria itu memasuki wanita dan menawarkan kekuatan padanya. Dia menumpahkan dirinya di sana , di dalam dirinya, untuknya; dia menariknya, memeluk dan menyelimutinya. Ketika semuanya berakhir, dia dihabiskan; tapi ah, kematian yang manis.

Orgasme

Dan itulah bagaimana kehidupan diciptakan. Keindahan seorang wanita membangkitkan seorang pria untuk berperan sebagai pria; kekuatan seorang pria, yang ditawarkan dengan lembut kepada wanita itu, memungkinkannya untuk menjadi cantik; itu membawa kehidupan baginya dan bagi banyak orang. Ini jauh, jauh lebih dari seks dan orgasme. Itu adalah kenyataan yang meluas ke setiap aspek kehidupan kita. Oh Boy. Jadi ada banyak hal yang harus dibongkar dalam satu bagian itu, tetapi hari ini saya tidak bisa tidak memperhatikan bagaimana ia mengatakan banyak hal di antara kalimat-kalimat itu tanpa mengatakan apa pun yang sedikit membantu tentang seks sama sekali. Ringkasan yang tepat tentang pendidikan seksual saya yang buruk.

Pada intinya, jenis bahasa dan citra seks ini dipenuhi dengan harapan akan peran gender, dan itu bersifat seks-sentris. Ini mengasumsikan orgasme untuk kedua belah pihak melalui hubungan seks vagina. Bahkan komentar bahwa "tidak akan terjadi apa-apa" jika lelaki tidak dapat bangkit pada kesempatan itu adalah tidak perlu, seksis, dan mampu mengejutkan.

Bagaimana dengan pria dengan disfungsi ereksi? Apakah seks penetrasi itu yang terpenting? Bahasa seksual semacam ini berkontribusi pada mitos mengerikan bahwa pria yang tidak dapat mempertahankan ereksi bukanlah pria sejati.

Dan bagaimana dengan wanita yang berjuang untuk mencapai orgasme? Oh, kita tidak membicarakannya. Ada anggapan yang keliru dan banyak diyakini bahwa seorang wanita dengan "pria yang tepat" akan mengalami kenikmatan seksual dengan mudah. Jika Anda melewatkannya, narasi seksual jenis ini tidak membantu atau memberdayakan mereka yang berjuang.

Kita perlu berbicara tentang seks sebelum kita pergi ke kamar tidur. Saya tidak bisa memberi tahu Anda seberapa besar rasa malu dan bersalah yang saya rasakan hanya karena saya tidak bisa mencapai klimaks dengan mudah. Beberapa pria bertindak seolah itu adalah sesuatu yang saya lakukan salah, dan ada yang tersinggung, sementara yang lain bersikeras mereka tahu bagaimana membuat saya datang.

Sangat sedikit mitra yang mengerti bahwa kadang-kadang tidak ada cara di neraka yang akan saya capai. Tidak masalah seberapa aktif saya, atau seberapa besar saya ingin mengalami orgasme. Percayalah, saya sudah mencoba.

Butuh bertahun-tahun bagi saya untuk melepaskan rasa malu seksual saya dan mengambil orgasme ke tangan saya sendiri. Jelas, saya adalah satu-satunya ahli dalam hal tubuh dan orgasme saya sendiri, dan untungnya, saya biasanya dapat tiba di sana dalam beberapa menit.

Namun itu tidak berarti bahwa anorgasmia dilakukan dengan saya. Saya masih bercanda bahwa orgasme saya kadang hilang - karena saya tidak yakin bagaimana lagi mengatakannya. Tapi bermain petak umpet dengan orgasme saya bukan lagi hal yang mengejutkan atau memalukan karena saya tahu saya tidak sendirian.

Sudah terlalu lama, saya meminta maaf atas kesulitan atau ketidakmampuan saya untuk orgasme. Seolah-olah saya berutang mitra saya yang mudah. Sekarang saya tahu tidak ada yang perlu dipermalukan, tetapi saya berbicara dengan para pria tentang kondisi sebelumnya. Cara pasangan seks potensial merespons pembicaraan mengatakan banyak tentang mereka.

4 jenis disfungsi orgasme

Secara pribadi, saya tidak menganggap label khusus ini terlalu penting , tetapi beberapa orang menemukan kenyamanan dalam menyebutkan kondisi mereka secara lebih spesifik.

  1. anorgasmia primer : yang berarti Anda belum pernah mengalami orgasme.
  2. anorgasmia sekunder : yang berarti Anda mengalami kesulitan mencapai orgasme, meskipun Anda pernah mengalami orgasme di masa lalu.
  3. anorgasmia situasional : Itu berarti Anda hanya dapat orgasme selama situasi tertentu, seperti melalui seks oral atau masturbasi. Ini pasti saya untuk sementara waktu.
  4. anorgasmia umum : yang merupakan ketidakmampuan untuk mencapai orgasme dalam keadaan apa pun, meskipun sangat terangsang dan memiliki stimulasi seksual yang cukup. Dan ya, itu menyebalkan.

Ada banyak fluiditas di sini, dan seseorang dapat berpindah dari satu jenis anorgasmia ke yang lain, terutama ketika mereka mulai bekerja pada pemulihan mereka. Beberapa orang akan membuat pemulihan penuh, sementara yang lain mungkin melihat banyak peningkatan tetapi masih berjuang dari waktu ke waktu. Seperti saya.

Penyebab disfungsi orgasme beragam seperti orang-orang yang memilikinya

Orang-orang menginginkan satu penyebab dan penyembuhan setiap kali kita berbicara tentang disfungsi seksual, tetapi jarang begitu sederhana.

Ada berbagai macam faktor yang berkontribusi, dan bagi sebagian orang, itu adalah kombinasi berbagai hal. Ada alasan medis dan fisiologis seperti bertambahnya usia, memiliki diabetes, menjalani histerektomi, atau menggunakan obat-obatan tertentu.

Ada juga penjelasan psikologis termasuk keyakinan budaya atau agama seseorang, rasa bersalah karena menikmati seks, sejarah pelecehan seksual, depresi dan kecemasan, atau harga diri yang buruk.

Bahkan stres dapat menyebabkan anorgasmia, serta rintangan dalam hubungan intim, seperti konflik yang belum terselesaikan dan masalah kepercayaan.

Setiap kali seseorang berjuang untuk mencapai orgasme, itu bisa terasa sangat menyusahkan, dan bahwa stres dapat membuat pertempuran untuk mencapai orgasme semakin buruk di jalan.

Meski begitu, masih ada harapan bagi yang terangsang

Kesulitan untuk mencapai orgasme adalah kondisi seksual yang sah yang pantas mendapatkan perhatian dan kesabaran Anda. Rasa malu dan ejekan tidak memiliki tempat untuk berhubungan seks (selain BDSM) , dan rasa bersalah hanya akan menghambat pemulihan Anda.

Jika Anda mengalami orgasme yang mengembara , di mana Anda sepertinya tidak dapat menjabarkannya sebanyak yang Anda inginkan, langkah pertama Anda adalah mengenali bahwa tidak ada yang salah dengan diri Anda.

Langkah Anda selanjutnya adalah berbicara dengan dokter Anda. Kursus pengobatan standar berarti mengatasi setiap kondisi medis yang mendasarinya, mengganti obat (jika ada), dan mencoba beberapa bentuk terapi (terapi perilaku kognitif, terapi seks, atau bahkan konseling pasangan).

Biasanya, Anda perlu berbicara dengan pasangan Anda, jika atau ketika Anda memilikinya. Disfungsi seksual sering kali diselimuti stigma, dan Anda tidak harus menghadapinya sendiri jika Anda memiliki pasangan atau pasangan seks yang signifikan dalam hidup Anda yang juga dipengaruhi oleh kondisi Anda.

Terakhir, itu mungkin tampak sangat jelas dan karenanya tidak perlu, tetapi stimulasi klitoris kadang-kadang "ditentukan" jika terjadi disfungsi orgasme wanita. Sayangnya, tidak setiap wanita telah cukup dididik tentang tubuhnya untuk memahami kebutuhannya akan stimulasi klitoris selama berhubungan seks.

Mungkin sama sedihnya, masih ada laki-laki dalam hubungan dengan perempuan saat ini yang, untuk alasan apa pun, tidak menghargai orgasme perempuan atau bahkan tidak menganggap stimulasi klitoris sebagai masalah. Beberapa pria bersikeras bahwa wanita harus dapat mencapai klimaks melalui penetrasi seks di akhir cerita.

Tentu saja, itu bukan akhir dari cerita, dan satu-satunya cara untuk memerangi disfungsi seksual seperti anorgasmia adalah dengan membuatnya dapat disebutkan. Kita perlu melakukan percakapan proaktif, sehat, dan inklusif tentang seks dan orgasme.
Comments